PTK Bahasa Inggris

Posted on Updated on

    MENYUSUN LAPORAN PTK

    BAB I  PENDAHULUAN

    A. Latar Belakang Masalah

    1. Melaporkan pelaksanaan pembelajaran sehari-hari yang meliputi:

    a. Kegiatan Pendahuluan

    b. Kegiatan Inti,

    c. Kegiatan Penutup

    d. pelaksanaan penilaian atau tes:

    - menjelaskan cara melakukan tes

    - tulis soal tesnya

    - menjelaskan hasil tes yang meliputi:

    1. jumlah skor yang diperoleh dan skor rata-rata yang dicapai
    2. skor maksimal dan bobot maksimal setiap soal
    3. skor KKM (KKM sebaiknya besar) dan bobot KKM setiap soal
    4. prosentasi skor rata-rata yang tercapai

    a. Melakukan Refleksi:

    1. Mengolah hasil tes untuk mengidentifikasi masalah yang meliputi:
    • Laporkan soal atau indikator yang telah tercapai (nilainya sama atau lebih tinggi dari nilai KKM yang ditetapkan)
    • Laporkan soal atau indikator yang belum tercapai (nilainya lebih rendah dari nilai KKM yang ditetapkan)
    • Jelaskan bahwa soal atau indikator yang belum tercapai merupakan masalah yang harus segera diatasi
    1. Mencari sebab-sebab tidak tercapainya soal atau indikator tersebut,melalui penelaahan secara kritis dan cermat terhadap proses pembelajaran yang dilakukan ketika mencapai indikator tersebut
    2. Nyatakan bahwa ketidak-tercapaian soal atau indikator tersebut, karena kesalahan penggunaan metode pembelajaran.
    3. Nyatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran tersebut tidak relevan dan harus diganti dengan metode pembelajaran yang lain yang memenuhi standar proses atau sistem pendidikan nasional.
    4. Nyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran yang baru tersebut dilakukan melalui penelitian tindakan kelas.
    5. Jelaskan manfaat mempelajari KD dan indikator tersebut bagi siswa yaitu sebagai:

    1) dasar mempelajari KD dan indikator yang lain.

    2) bekal hidup bagi siswa dalam menjalani hidup dalam:

    - keluarga atau  masyarakat

    - warga negara atau warga dunia

    - warga dunia usaha atau dunia industri

    - atau yang lainnya

    B. Cara Mengatasi Masalah

    • Jelaskan bahwa metode pembelajaran yang baru tersebut dapat mengatasi masalah
    • kutipkan teorinya yang mudah diterapkan dalam pembelajaran di  kelas.
    • Jelaskan secara singkat kutipan teori tsb. dengan kalimat sendiri sebagai upaya untuk mengatasi masalah.
    • Nyatakan keyakinkan Anda, bahwa dengan menerapkan teori tsb. maka masalah dapat diatasi.
    • Tuliskan judul penelitian secara lengkap (KD yang gagal, metode yang digunakan, sekolah tempat bekerja, dan kelas yang diajar)

    C. Rumusan Masalah

    Misal :

    Apakah dengan menerapkan model Role Play dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris Siswa siswa?

    D. Tujuan Penelitian

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan

    membiasakan hidup hemat melalui model kontekstual (mengacu rumusan masalah)

    E. Manfaat Penelitian

    Jelaskan apa yang dirasakan oleh siswa, peneliti, guru lain, pengawas, dsb. atau manfaat secara teoretik dan praktis

    BAB II   KAJIAN  TEORETIS

    Penerapan model model Role Play dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris Siswa siswa?

    1. A. Pembelajaran Kemampuan Berbicara
    2. B. Model Role Play
    3. C. Pola Pikir/Kerangka Berpikir

    Pola pikir/ kerangka berpikir peneliti dalam menerapkan metode pembelajaran tersebut dalam pembelajaran KD yang dimaksud yaitu,  bagaimana cara menerapkan metode Role Playl dalam pembelajaran berbicara (speaking)

    (Pola pikir ini dijadikan strategi pembelajaran dalam RPP siklus I dan II)

    1. D. Hipotesis

    (Jawaban rumusan masalah)

    “Jika model Role Play diterapkan dalam pembelajaran Speaking (berbicara) maka kemampuan berbicara siswa dapat meningkat”

    BAB III. METODE  PENELITIAN

    (Rencana Penelitian Tindakan Kelas )

    A. Prosedur Penelitian

    1. Merencanakan PTK

    a. Menjelaskan bahwa peneliti menyusun RPP KD tertentu yang

    meliputi KD dan Indikator (Kutip dari Kurikulum 2004/KTSP) serta

    menyusun strategi pembelajaran.

    b. Menjelaskan bahwa peneliti bahan ajar, soal tes, pedoman

    observasi,  dan mempersiapkan segalanya yang diperlukan.

    2.  Melaksanakan PTK

    Menjelaskan bahwa peneliti melaksanakan pembelajaran pada hari,

    tanggal,dan waktu  serta jumlah jam pelajaran (minimal 4 jp)

    3.  Melakukan observasi

    a. Menjelaskan observasi dilakukan dengan menggunakan pedoman

    observasi terhadap proses pembelajaran sebagai laporan hasil

    penelitian secara kualitatif

    b. Menjelaskan proses dan hasil tes sebagai laporan hasil penelitian

    secara kuantitatif untuk membuktikan hipotesis.

    4. Melakukan Refleksi

    (Mengolah hasil tes untuk mengidentifikasi masalah)

    a. Menjelaskan bahwa refleksi dilakukan untuk mencari indikator yang

    tercapai dan yang gagal, serta mencari penyebabnya melalui

    penelaahan secara kritis dan cermat terhadap proses

    pembelajaran yang dilakukan ketika mencapai indikator tersebut.

    b. Menjelaskan bahwa ketidak-tercapaian soal atau indikator tersebut,

    karena kesalahan penggunaan metode pembelajaran dan harus

    diganti dengan metode pembelajaran yang lain yang memenuhi

    standar proses atau sistem pendidikan nasional.

    B.Teknik Pengumpulan Data

    Menjelaskan bahwa teknik observasi untuk mengumpulkan data

    kualitatif untuk laporan hasil penelitian dan teknik tes untuk

    mengumpulkan data kuantitatif untuk membuktikan hipotesis

    C. Teknik Pengolahan Data

    Menjelaskan bahwa teknik pengolahan data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan cara mengurangi hasil tes siklus II,pertemuan ke-2 dengan hasil  tes siklus I,pertemuan ke-1 selanjutnya diubah menjadi bentuk diagram batang dan lingkaran

    BAB IV

    Hasil Penelitian dan Pembahasan

    1. A. Hasil Penelitian

    1. Hasil Penelitian Siklus Pertama

    Pertemuan kesatu dan kedua

    a. Merencanakan PTK Siklus Pertama

    Pertemuan I

    a. Menjelaskan bahwa peneliti menyusun RPP KD tertentu yang meliputi KD dan Indikator (Kutip dari Kurikulum 2004/KTSP) dan menyusun strategi pembelajaran

    b. Menjelaskan bahwa peneliti menyusun bahan ajar, soal tes, pedoman pengamatan, dan mempersiapkan segalanya yang diperlukan.

    c. Jelaskan bahwa semua itu dilampirkan.

    b. Melaksanakan PTK Siklus

    Pertama Pertemuan I:

    Jelaskan bahwa peneliti melaksanakan pembelajaran pada hari,

    tanggal, bulan dan tahun serta jumlah jam pelajaran

    c. Pelaksanaan Observasi Siklus Pertama

    Pertemuan I

    1) Pelaksanaan Observasi

    Jelaskan bahwa observasi dilakukan oleh tiga orang observer yaitu…

    terhadap proses pembelajaran …dan proses dan hasil tes.

    2) Hasil Observasi

    a.  Deskripsikan hasil observasi terhadap pembelajaran sebagaimana

    yang terjadi di kelas dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

    b.  Deskripsikan hasil tes dalam bentuk tabel yang meliputi meliputi

    jumlah dan rata-rata skor yang dicapai, skor /bobot maksimal setiap

    soal/indikator,skor /bobot KKM, dan prosentasi skor yang tercapai

    atau yang belum tercapai.

    d. Merencanakan PTK Siklus Pertama

    Pertemuan II

    Jelaskan bahwa RPP yang digunakan dalam pembelajaran adalah RPP

    yang sama denga pertemuan I

    e. Melaksanakan PTK Siklus Pertama

    Pertemuan II:

    Jelaskan bahwa peneliti melaksanakan pembelajaran pada hari, tanggal, bulan dan tahun serta jumlah jam pelajaran

    f. Pelaksanaan Observasi Siklus Pertama

    Pertemuan II

    1) Pelaksanaan Observasi

    Jelaskan bahwa observasi dilakukan oleh tiga orang observer yaitu…

    terhadap proses pembelajaran …dan proses dan hasil tes.

    2) Hasil Observasi

    a)  Deskripsikan hasil observasi terhadap pembelajaran sebagaimana

    yang terjadi di kelas dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup

    tentang

    (1) tampilan fisik siswa dan guru;

    (2) dialog sebagaimana yang terjadi dalam pembelajaran;

    (3) lingkungan fisik atau kelas dengan berbagai situasinya

    (4) kejadian-kejadian khusus yang dilakukan oleh siswa

    (5) berbagai aktivitas siswa dan guru dalam mengimplementasikan

    tahapan-tahapan  model pembelajaran; serta

    (6) pikiran dan perasaan peneliti perlu dideskripsikan secara rinci,

    karena dalam penelitian kualitatif peneliti merupakan bagian

    dari penelitian, (Muhadjir,1998).

    b) Deskripsikan hasil tes dalam bentuk tabel yang meliputi meliputi

    jumlah dan rata-rata skor yang dicapai, skor /bobot maksimal setiap

    soal/indikator,skor /bobot KKM setiap soal/indikator, dan prosentasi

    skor yang tercapai atau yang belum tercapai.

    4. Melakukan Refleksi Siklus Pertama

    Pertemuan II:

    a. Tujuan Refleksi

    1) mencari dan menemukan indikator- indikator yang telah tercapai

    dan yang belum tercapai dengan membandingkan antara rata-rata

    skor setiap soal/ indikator dan seluruh soal dengan skor KKM

    2) peneliti mencari penyebab dan solusi untuk mengatasinya.

    b. Hasil refleksi

    1) menjelaskan tabel hasil tes setiap nomor soal/indikator untuk

    setiap kelompok dan seluruh kelompok

    2) menjelaskan tabel hasil tes seluruh nomor soal/indikator

    untuk setiap kelompok dan seluruh kelompok

    3) menjelaskan tabel skor yang dicapai oleh setiap kelompok dan

    seluruh kelompok setiap soal/ indikator

    4) menjelaskan tabel skor yang dicapai oleh setiap kelompok dan

    seluruh kelompok seluruh soal/ indikator

    c. Penyebab Kegagalan

    Menjelaskan penyebab kegagalan proses pembelajaran setiap soal/

    indikator dalam mencapai KKM dilihat dari:

    1.  penerapan teori

    2.  urutan pembelajaran

    3.  atau yang lainnya.

    d. Solusi untuk Mengatasi Masalah

    Menjelaskan solusi untuk mengatasi sebab-sebab kegagalan di atas.

    e. Kesimpulan Solusi

    Menjelaskan bahwa solusi tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki RPP siklus pertama dan akan digunakan sebagai RPP siklus kedua pertemuan kesatu dan pertemuan kedua.

    2. Hasil Penelitian Siklus Kedua

    Pertemuan I dan Pertemuan II

    a.Merencanakan PTK Siklus Kedua Pertemuan I

    Memperbaiki RPP siklus pertama sesuai dengan hasil refleksi siklus I

    b. Melaksanakan PTK Siklus Kedua Pertemuan I

    c. Pelaksanaan Observasi Siklus Kedua Pertemuan I

    a. Pelaksanaan Observasi

    b. Hasil Observasi

    d. Melakukan Refleksi Siklus Kedua Pertemuan I

    1) Tujuan Refleksi

    2) Hasil refleksi

    3) Penyebab Kegagalan

    4) Solusi untuk mengatasi Masalah

    5) Kesimpulan Solusi

    (dilaporkan sebagaimana siklus pertama pertemuan 1 dan II)

    e.Merencanakan PTK Siklus Kedua Pertemuan II

    Tidak dilakukan sebab masih menggunakan RPP pertemuan pertama.

    f. Melaksanakan PTK Siklus Kedua Pertemuan II

    g. Pelaksanaan Observasi Siklus Kedua Pertemuan II

    1) Pelaksanaan Observasi

    2) Hasil Observasi

    h. Melakukan Refleksi Siklus Kedua Pertemuan II

    1) Tujuan Refleksi

    2) Hasil refleksi dinyatakan dalam bahwa hasil belajar telah

    mencapai skor KKM bahkan mencapai skor maksimal dan

    penelitian dinyatakan selesai

    (dilaporkan sebagaimana siklus pertama pertemuan 1 dan II)

    B. Pembahasan Hasil Penelitian

    Masalah yang dibahas adalah:

    1. Ketercapaian setiap indikator setiap kelompok

    2.  Ketercapaian setiap indikator secara klasikal

    3.  Ketercapaian seluruh indikator setiap kelompok

    4.  Ketercapaian seluruh indikator secara klasikal, dengan cara mencari

    selisih hasil tes siklus kedua pertemuan II dikurangi hasil tes siklus

    pertama pertemuan I

    Keterangan:

    Hasil pembahasan di atas diubah ke dalam bentuk grafik garis atau

    diagram batang dan diagram  lingkaran

    BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

    A. Kesimpulan

    1. Mengutip hasil pembahasan yang dapat digunakan untuk

    membuktikan hipotesis.

    2. Menyatakan bahwa hipotesis terbukti

    B. Rekomendasi/ Saran

    1. diberikan kepada rekan guru, pengawas, atau pejabat  terkait.

    2. dan lainnya.

    IV. Lampiran-lampiran:

    1. Nama-nama Anggota Kelompok
    2. Bahan Ajar
    3. Tugas-tugas Siswa
    4. Kunci Jawaban
    5. Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
    6. Pedoman Observasi
    7. Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
    8. Lembar Kerja kelompok (asli tulisan siswa)
    9. Foto Kegiatan Belajar

    V. Kelengkapan lain yang diperlukan:

    1. Lembar Persetujuan dari Kepala Sekolah
    2. Surat Pernyataan dari Pengelola Perpustakaan Sekolah
    3. KATA PENGANTAR
    4. DAFTAR ISI
    5. DAFTAR TABEL
    6. DAFTAR DIAGRAM

    DAFTAR LAMPIRAN

    Bagi yang ingin download proposal PTK Bahasa Inggris   Klik di sini

    About these ads

    20 thoughts on “PTK Bahasa Inggris

      euis j said:
      September 4, 2013 pukul 7:01 pm

      thank a lot sir, PTK must be in English or can be in Indonesian?

      sukaningsih said:
      April 14, 2013 pukul 6:36 am

      thanks a lot sir, it is very useful for us…

      eva said:
      Maret 2, 2013 pukul 10:31 am

      Thanks a lot sir.

      Bambang HS said:
      Januari 5, 2013 pukul 11:12 am

      Ma kasih banyak pak. sangat bermanfaat postingannya. smoga Allah yang membalasnya…Amin

      badut said:
      Desember 5, 2012 pukul 5:23 am

      nice topic … hatur nuhun kang

      majalengka said:
      Desember 3, 2012 pukul 6:23 am

      it’s nice to learn english …. great blog

      Erdian said:
      November 19, 2012 pukul 12:18 pm

      Sorry Mr. can you send me an example of Ptk Completely, couse I stil cofused with you explanation abaout.

      helmy akhmad said:
      September 28, 2012 pukul 5:06 pm

      makasih banyak Pak, semoga tambah sukses ya . Amiin :D

      Contoh said:
      Agustus 11, 2012 pukul 11:00 pm

      Thanks sebanyak-banyaknya.
      Semoga tulisan ini dinilai sebagai amal baik penulisnya yang telah sudi berbagi karyanya…

      Anonymous said:
      Juni 13, 2012 pukul 8:53 am

      thank for your explanation about class action research, ,clearlier

      saleh said:
      Januari 27, 2012 pukul 10:20 pm

      thanks for sharing the PTK. It’s better to inform the complete one.

      Nurhaeni said:
      Januari 11, 2012 pukul 1:26 pm

      Thanks for your PTK although I haven’t read it yet.

      Anonymous said:
      Desember 5, 2011 pukul 8:56 pm

      thanks for sharing your ptk…..

      Aswir Astaman said:
      Oktober 19, 2011 pukul 6:53 pm

      Tujuan Penelitian adalah tujuan kita meneliti, berbeda dengan manfaat penelitian, coba cek lagi

      uchang said:
      Agustus 20, 2011 pukul 2:23 pm

      thanks atas kemauannya share cara menyusun laporan PTK yang baik ….

      nofanimarl said:
      Juni 25, 2011 pukul 9:53 am

      i have no idea. ’cause i haven;t read it completely yet. send you later.

      munardi said:
      Juni 9, 2011 pukul 9:30 am

      klo teorinya dah bosan mr, tlong dong contoh hasil laporan ptk yg dah dilaksanankan!!!!

      WAHID ROSYIDI said:
      Januari 24, 2011 pukul 10:01 pm

      makasih ptknya, biarpun berupa pdf tapi bisa dikonvert ke doc, tentu saja harus susah payah memperbaikinya. akan dijadikan inspirasi menulis PTK yg lain.
      sekali lagi tanks

      mypdewi said:
      November 12, 2010 pukul 1:04 am

      tlong dong kirimkan saya ptk anda yang udah jadi krn saya masih bingung dan ini baru pertama kalinya bagi saya buat ptk kirimkan ke email saya mypdewi@ymail.com trims ya ?

      SUAFRIDA RAHMAH said:
      Maret 27, 2010 pukul 11:44 am

      Assalamu’alaikum.
      Saya berencana akan membuat PTK Bahasa Inggris, tapi saya masih kebungungan. Bisakah saudara bantu saya dengan mengirimkan contoh PTK Bahasa Inggris yang real dan lengkap ke email saya?
      Saya sangat mengharapkan bantuan saudara.
      Terima kasih.

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s